MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK
KEUNGGULAN KOMPETITIF
Perusahaan Dalam lingkungannya
Pada bab 1,
kita telah melihat bahwa sebuah perusahaan adalah system fisik yang di kelola
dengan menggunakan suatu system konseptual. System fisik perusahaan adalah system
lingkaran tertutup, dalam arti di kendalikan oleh manajemen,menggunakan
informasi umpan balik untuk meyakini bahwa tujuan-tujuannya tercapai.
Delapan elemen lingkungan
Lingkungan suatu
perusahaan tidak persis sama dengan lingkungan perusahaan yang lain. Elemen-elemen
lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan
dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan. Delapan
elemen ini berada dalam system yang lebih luas antara lain : Masyarakat, pemasok, pelanggan, serikat
buruh, masyarakat keuangan, pemegang saham/ pemilik, pesaing, pemerintah.
Keunggulan kompetitif
istilah yang
berkaitan dengan lingkungan yang muncul selama akhir 1980-an adalah keunggulan
kompetitif . keunggulan kompetutuf dapat di capai melalui banyak cara, seperti
menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murahmenyediakan brang dan jasa
yang lebih baik dari para pesaing dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen
pasar tertentu. Keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk
mendapatkan leverage di pasar.
Pandangan awal tentang keunggulan
kompetitif
Sejumlah perusahaan telah
mendapatkan publikasi yang luas karena menggunakan informasi untuk mencapai
keunggulan kompetitif .beberapa diantaranya adalah American arirlenses dengan
sistem pemesanan penerbangan yang di sebut sabre, American hospital supply
dengan jaringan EDI (Electronic data inter change), dan McKesson drug dengan
system distribusinya yang di sebut Economost
Jenis-jenis sumber daya informasi
Sumber daya itu terdiri dari :
- Perangkat keras computer
- Perangkat lunak computer
- Para spesialis informasi
- Pemakai
- Fasilitas
- Database
- Informasi
Siapa yang mengelola sumber daya
informasi ?
Pengelolaan informasi di tangani
oleh suatu unit khusus yang terdiri dari para spesalis informasi yang di kelola
oleh serang manajer yang brsetatus wakil direktur dan menyertakan manajer
puncaknya dalam kelompok eksekutif.
Chief Information Officer
Istilah CEo(Chief Executive Officer)
telah lama di kenal dalam kosa kata bisnis setiap orang tahu bahwa CEO adalah
orang yang paling berpengaruh kuat dalam oprasi perusahaan,dan umumnya memiliki
jabatan direktur utama atau ketua dewan direksi
Perencanaan strategis
Perencanaan jangka
panjang juga di kenal dengan perencanaan strategis karena mengidentifikasi
tujuan-tujuan yang akan memberikan memberikan perusahaan posisi yang paling
menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi-strategi untuk
mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Perencanaan strategis fungsional
Setelah rencana
strategis untuk perusahaan telah ditetapkan, tiap area fungsional bertanggung
jawab untuk mengembangkan rencana strategis mereka sendiri.
Transformasi kumpulan strategi
Saat jasa
informasi mengembangkan rencana-rencana strategis, pendekatan yang dianjurkan
adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis
perusahaan, yang diberi istilah kumpulan strategi organisasi , langkah kedua
yang tersendiri, suatu rencana jasa informasi di buat untuk mendukung tujuan
perusahaan. Rencana informasi itu disebut kumpulan strategi SIM, dan terdiri
dari sejumlah tujuan, kendala, dan strategi.
End-user computing masalah strategis
Tidak semua
orang yang ikut serta dalam EUC memiliki tingkat pengetahuan komputer yang
sama. Para pemakai akhir dapat dikelompokan menjadi empat golongan berdasarkan
kemempuan komputer mereka : pemakai akhir tingkat menu, pemakai akhir tingkat
perintah, progremer tingkat akhir, dan personil tingkat pendukung fungsional .
Jenis- jenis Aplikasi pemakai akhir
Sedemikian jauh,
EUC telah memberikan dampak pada berbagai subsistem utama CBIS dalam tingkat
yang beragam. Sebagian aplikasi end-user computing telah di batasi pada :
·
System
pendukung keputusan (DSS) yang relative mudah
·
Aplikasi
otomatisasi kantor yang memenuhi kebutuhan perseoranagan.
Selebihnya adalah
tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama dengan pemakai dalam
pengembangan :
- Aplikasi SIM dan SIA
- DSS yang kompleks
- Aplikasi otomatisasi kantor yang memenuhi kebutuhan organisasional
- System pakar
- Selama keragaman dalam dampak EUC berlanjut, yang mememang seharusnya, akan selalu ada kebytuhan akan spesialis informasi.
Resiko End-User Computing antara lain
:
- System yang buruk sasarannya
- System yang buruk rancangan dan dokumentasinya
- Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
- Hilangnya integritas data
- Hilangnya keamanan
Konsep manajemen sumber daya
informasi (information resources management)
Elemen-elemen IRM yang di perlukan
- Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat di capai melalui sumber daya informasi yang unggul
- Kesadarn bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
- Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
- Perhatian pada sumberdaya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis
- Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi
- Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing
Filosofi sensor matic
Sebelum perusahaan-perusahaan
seperti sensor matic mulai menyediakan system menggagalkan pencurian di toko
pencurian di toko dengan cara menyewa pensiunan polisi yang bersembunyi di
balik pohon untuk menangkap pencuri.pendekatan ini memiliki kelemahan.filosofi
sensormatic adalah pencegahan dari pada penangkapan
Pasar sensormatic
Sensormatic membuat produk untuk dua
macam pasar utama eceran dan pasar non eceran. Pasar eceran terdiri dari para
pedagang seperti pada pedagang seperti pasar swalayan,toko obat dan toko serba
ada. Pasar non-eceran meliputi organisasi-organisasi seperti perusahaan
manufaktur.
Ikhtisar
Lingkungan suatu
perusahaan terdiri dari delapan elemen. Elemen-elemen tersebut menggambarkan
organisasi atau perseorangan, serta mencangkup para pemasok, pelanggan,srikat
buruh, masyarakat keuangan , pemegang saham, pesaing, pemerintah dan masyarakat
global
Usaha awal perusahaan menggunakan
informasi sebagai suatu cara mencapai keunggulan kompetitif dimulai dengan
membuat hubungan komputer dengan pelanggan.
Sumber daya
informasi mencangkup perangkat keras, fasilitas, perangkat lunak, database,
spesialis informasi, informasi dan pemakai. Sumberdaya yang ditempatkan dalam
jasa informasi dikelola oleh CIO. Komsep CIO mengakui manajer jasa informasi
sebagau seorang eksekutif.
Semua manajer
membuat rencana, dan eksekutif terlibat dalam perencanaan strategis jangka
panjang. Usaha awal mengembangkan suatu rencana strategis untuk jasa informasi
disebut transformasi kumpulan strategi.
Tugas SRIP
menjadi semakin rutin karena meningkatnya end-user computing atau EUC . tidak
semua pemakai akhir memiliki kemampuan yang sama. Sebagian hanya dapat
menggunaka menu, sebagian dapat menggunakan bahasa perintah, dan sebagian
memiliki keahlian pemrograman.
RIM adalah
suatu konsep terintegrasi yang menyatukan lingkungan , tingkat-tingkat
manajemen , area-area fungsional, sumber daya informasi, dan para pemakai. Keberhasilan
IRM akan menjadi tanggung jawab para eksekutif tahun 1990-an dan menjadi tema
yang mendasari buku ini .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar