Jumat, 02 November 2012

BAB 2



MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Perusahaan Dalam lingkungannya 

Pada bab 1, kita telah melihat bahwa sebuah perusahaan adalah system fisik yang di kelola dengan menggunakan suatu system konseptual. System fisik perusahaan adalah system lingkaran tertutup, dalam arti di kendalikan oleh manajemen,menggunakan informasi umpan balik untuk meyakini bahwa tujuan-tujuannya tercapai.

Delapan elemen lingkungan 

Lingkungan suatu perusahaan tidak persis sama dengan lingkungan perusahaan yang lain. Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan. Delapan elemen ini berada dalam system yang lebih luas antara lain : Masyarakat, pemasok, pelanggan, serikat buruh, masyarakat keuangan, pemegang saham/ pemilik, pesaing, pemerintah. 

Keunggulan kompetitif 

istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang muncul selama akhir 1980-an adalah keunggulan kompetitif . keunggulan kompetutuf dapat di capai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murahmenyediakan brang dan jasa yang lebih baik dari para pesaing dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasar.

Pandangan awal tentang keunggulan kompetitif 

Sejumlah  perusahaan telah mendapatkan publikasi yang luas karena menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif .beberapa diantaranya adalah American arirlenses dengan sistem pemesanan penerbangan yang di sebut sabre, American hospital supply dengan jaringan EDI (Electronic data inter change), dan McKesson drug dengan system distribusinya yang di sebut Economost

Jenis-jenis sumber daya informasi
Sumber daya itu terdiri dari :
  • Perangkat keras computer
  • Perangkat lunak computer
  • Para spesialis informasi
  • Pemakai
  • Fasilitas
  • Database
  • Informasi
Siapa yang mengelola sumber daya informasi ?

Pengelolaan informasi di tangani oleh suatu unit khusus yang terdiri dari para spesalis informasi yang di kelola oleh serang manajer yang brsetatus wakil direktur dan menyertakan manajer puncaknya dalam kelompok eksekutif.

Chief Information Officer 

Istilah CEo(Chief Executive Officer) telah lama di kenal dalam kosa kata bisnis setiap orang tahu bahwa CEO adalah orang yang paling berpengaruh kuat dalam oprasi perusahaan,dan umumnya memiliki jabatan direktur utama atau ketua dewan direksi

Perencanaan strategis

Perencanaan jangka panjang juga di kenal dengan perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan memberikan perusahaan posisi yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi-strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Perencanaan strategis fungsional 

Setelah rencana strategis untuk perusahaan telah ditetapkan, tiap area fungsional bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana strategis mereka sendiri.

Transformasi kumpulan strategi
Saat jasa informasi mengembangkan rencana-rencana strategis, pendekatan yang dianjurkan adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis perusahaan, yang diberi istilah kumpulan strategi organisasi , langkah kedua yang tersendiri, suatu rencana jasa informasi di buat untuk mendukung tujuan perusahaan. Rencana informasi itu disebut kumpulan strategi SIM, dan terdiri dari sejumlah tujuan, kendala, dan strategi.

End-user computing masalah strategis 

Tidak semua orang yang ikut serta dalam EUC memiliki tingkat pengetahuan komputer yang sama. Para pemakai akhir dapat dikelompokan menjadi empat golongan berdasarkan kemempuan komputer mereka : pemakai akhir tingkat menu, pemakai akhir tingkat perintah, progremer tingkat akhir, dan personil tingkat pendukung fungsional .

Jenis- jenis Aplikasi pemakai akhir 

Sedemikian jauh, EUC telah memberikan dampak pada berbagai subsistem utama CBIS dalam tingkat yang beragam. Sebagian aplikasi end-user computing telah di batasi pada :
·         System pendukung keputusan (DSS) yang relative mudah
·         Aplikasi otomatisasi kantor yang memenuhi kebutuhan perseoranagan.
Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama dengan pemakai dalam pengembangan :
  •  Aplikasi SIM dan SIA
  • DSS yang kompleks
  • Aplikasi otomatisasi kantor yang memenuhi kebutuhan organisasional
  • System pakar
  • Selama keragaman dalam dampak EUC berlanjut, yang mememang seharusnya, akan selalu ada kebytuhan akan spesialis informasi.

Resiko End-User Computing antara lain :

  • System yang buruk sasarannya
  • System yang buruk rancangan dan dokumentasinya
  • Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
  • Hilangnya integritas data
  • Hilangnya keamanan  

Konsep manajemen sumber daya informasi (information resources management)
Elemen-elemen IRM yang di perlukan
  • Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat di capai melalui sumber daya informasi yang unggul
  • Kesadarn bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
  • Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
  • Perhatian pada sumberdaya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis
  • Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi
  • Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing

Filosofi sensor matic 

Sebelum perusahaan-perusahaan seperti sensor matic mulai menyediakan system menggagalkan pencurian di toko pencurian di toko dengan cara menyewa pensiunan polisi yang bersembunyi di balik pohon untuk menangkap pencuri.pendekatan ini memiliki kelemahan.filosofi sensormatic adalah pencegahan dari pada penangkapan

Pasar sensormatic 

Sensormatic membuat produk untuk dua macam pasar utama eceran dan pasar non eceran. Pasar eceran terdiri dari para pedagang seperti pada pedagang seperti pasar swalayan,toko obat dan toko serba ada. Pasar non-eceran meliputi organisasi-organisasi seperti perusahaan manufaktur.

Ikhtisar 

Lingkungan suatu perusahaan terdiri dari delapan elemen. Elemen-elemen tersebut menggambarkan organisasi atau perseorangan, serta mencangkup para pemasok, pelanggan,srikat buruh, masyarakat keuangan , pemegang saham, pesaing, pemerintah dan masyarakat global
            Usaha awal perusahaan menggunakan informasi sebagai suatu cara mencapai keunggulan kompetitif dimulai dengan membuat hubungan komputer dengan pelanggan.
Sumber daya informasi mencangkup perangkat keras, fasilitas, perangkat lunak, database, spesialis informasi, informasi dan pemakai. Sumberdaya yang ditempatkan dalam jasa informasi dikelola oleh CIO. Komsep CIO mengakui manajer jasa informasi sebagau seorang eksekutif.
Semua manajer membuat rencana, dan eksekutif terlibat dalam perencanaan strategis jangka panjang. Usaha awal mengembangkan suatu rencana strategis untuk jasa informasi disebut transformasi kumpulan strategi.
Tugas SRIP menjadi semakin rutin karena meningkatnya end-user computing atau EUC . tidak semua pemakai akhir memiliki kemampuan yang sama. Sebagian hanya dapat menggunaka menu, sebagian dapat menggunakan bahasa perintah, dan sebagian memiliki keahlian pemrograman.
RIM adalah suatu konsep terintegrasi yang menyatukan lingkungan , tingkat-tingkat manajemen , area-area fungsional, sumber daya informasi, dan para pemakai. Keberhasilan IRM akan menjadi tanggung jawab para eksekutif tahun 1990-an dan menjadi tema yang mendasari buku ini  .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar